Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif antara lain:
a. Untuk menuntaskan materi belajar, siswa belajar dalam kelompok secara kooperatif
b. Kelompok dibentuk dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan heterogen
c. Jika dalam kelas terdiri dari beberapa ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda, maka diupayakan agar tiap kelompok berbaur
d. Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok daripada perorangan
Tujuan :
a. Hasil Belajar Akademik ; Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik
b. Penerimaan terhadap keragaman ; Siswa dapat menerima teman-temannya yang beraneka latar belakang..
c. Pengembangan ketrampilan sosial.
Sintaks kegiatan pembelajaran kooperatif
Fase | Indikator | Kegiatan Guru |
1 | Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai dan memotivasi siswa belajar |
2 | Menyajikan informasi | Menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan |
3 | Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar | Menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok dan membantru kelompok agar melakukan transisi secara efisien |
4 | Membimbing kelompok bekerja dan belajar | Membimbing kelompok-kelompok belajat pa da saat mereka mengerjakan tugas |
5 | Evaluasi | Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasekan hasil kerjanya |
6 | Memberikan penghargaan | Mecari cara untuk mengharga upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok |
No comments:
Post a Comment