1. Langkah – Langkah Installasi Aplikasi Dapodikdas
Untuk melakukan instalasi jalankan program yang ada di CD/DVD atau dari lokasi lain. Setelah itu aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan jendela berikut ini.
Anda sangat disarankan untuk menutup program lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.
Tekan tombol [Lanjut >] untuk melanjutkan atau tombol [Batal] untuk membatalkan instalasi.
Jika Anda memilih batalkan maka akan dikonformasi proses pembatalan intalasi, tekan tombol [Yes] untuk membatalkan instalasi, tombol [No] untuk melanjutkan instalasi.
Jika Anda melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan bagian pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol [Check Port] agar port tidak bentrok.
Setelah selesai dalam memilih port, setelah Anda klik [Lanjut >] maka akan tampil form persetujuan seperti pada gambar berikut :
Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini. Setelah Anda baca dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol [Saya Setuju…] yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik [Lanjut >]. Atau tekan tombol [Batalkan] jika Anda tidak setuju.
Setelah proses penginstallan selesai, klik [Lanjut >] dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai.
Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol [Selesai] untuk menutup program instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER ANDA AKURAT!
2. Setting Waktu Lokal / Komputer
Seperti yang disampaikan pada saat instalasi, perlu dipastikan bahwa waktu dan timezone komputer Anda akurat. Hal ini penting untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.
Untuk memastikannya lakukan langkah-langkah sebagai berikut. Buka menu [Start]->[Control Panel], kemudian pilih pengaturan “Date and Time” seperti gambar di bawah ini.
Atau klik dua kali pada jam yang ada pada indikator jam komputer yang ada pada bagian kanan bawah layar.
Pilih tab “Date & Time” dan atur tanggal dan jam sesuai dengan kondisi saat ini. Klik dua kali pada Indikator jam komputer.
Untuk zona waktu, pilih GMT +07.00 untuk WIB, GMT +08.00 untuk WITA, dan GMT +09.00 untuk WIT.
Agar waktu anda selalu akurat, centang pilihan “Automatically synchronize with an Internet time server”.
Adakalanya waktu komputer berubah karena berbagai kondisi, misalnya baterai BIOS lemah sehingga waktu komputer menjadi tidak sesuai. Untuk itu Anda dipastikan selalu memeriksa keakuratan waktu computer. Pengaturan waktu sangat penting, karena server pendataan lokal akan melakukan sinkronisasi data dengan server database pusat. Setelah pengaturan waktu selesai, Anda siap untuk menjalankan aplikasi.
3. Kode Registrasi/ Aktivasi Dapodikdas
Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KK-DATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan. Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).
4. Username & Password Dapodikdas
Username/email yang diisi pada saat registrasi harus aktif dan tidak fiktif karena email tersebut digunakan untuk konfirmasi, pmeberitahuan-pemberitahuan jika ada permasalahan, dll. Password yang diisi adalah password sesuai dengan yang diinginkan pengguna, digunakan pada saat pengguna akan login ke dalam Aplikasi.
5. Data Prefilled Dapodikdas
Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi versi 13.01.
6. Menjalankan Aplikasi Dapodikdas
Aplikasi pendataan 2013 adalah aplikasi berbasis web, untuk itu diperlukan server untuk menjalankan aplikasi web ini dan web browser untuk mengoperasikan aplikasi. Pastikan komputer Anda telah terinstall dengan web browser terbaru, karena web browser versi lama tidak bisa mendukung/menjalankan aplikasi ini. Disarankan untuk menggunakan Google Chrome atau Firefox.
Menjalankan Aplikasi Pendataan 2013
Setelah server pendataan lokal berjalan, otomatis akan dijalankan browser internet dan membuka halaman awal aplikasi pendataan sepert gambar berikut ini.
Pada saat pertama kali instalasi belum ada data sekolah yang tersimpan pada database lokal. Untuk itu perlu dilakukan proses registrasi sekolah dengan cara menekan tombol [Registrasi]. Jika data sekolah sudah ada, bisa masuk ke dalam aplikasi dengan mengisi email dan password setelah itu menekan tombol [Login].
Untuk proses registasi akan dimunculkan formulir dengan isian sebagai berikut:
ü Nama Lengkap
ü User name/email (pastikan email tersebut aktif dan tidak fiktif karena akan ada konfirmasi)
ü Password
ü Konfirmasi Password
ü Nomor Handphone
ü Nomor Telepon
ü Yahoo Messenger
ü Skype
ü Kode registrasi
PENTING: Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.
Tunggu sampai proses registrasi selesai, setelah itu Anda bisa login ke dalam aplikasi sesuai dengan informasi yang diisikan pada registrasi. Isi login dan password, jika benar akan muncul konfirmasi login berhasil, klik tombol [OK].
Setelah proses login berhasil kemudian akan ditampilkan beranda aplikasi pendataan seperti gambar berikut ini.
Aplikasi pendataan terdiri dari beberapa halaman yaitu:
ü Beranda
ü Sekolah
ü Peserta Didik
ü PTK
ü Prasarana
ü Rombongan Belajar
Untuk memeriksa data tekan tombol [validasi]. Untuk mensinkronkan data dengan server database utama tekan tombol [Sinkronisasi]. Proses utk Tab/Halaman Aplikasi Validasi & Sinkronisasi Portlet/Jendela Aplikasi
Ada beberapa data yang tidak bisa diubah, seperti nama sekolah, NSS, dan NSPN. Untuk mengubah data ini perlu menghubungi helpdesk pendataan dikdas untuk diubah dari pusat.
Petunjuk penggunaan aplikasi yang lebih rinci dapat dibaca pada manual penggunaan aplikasi.
Menghentikan Aplikasi Pendataan 2013
Setelah anda selesai menggunakan aplikasi pendataan 2013, klik tombol pada bagian identitas sekolah, kemudian tutup browser Anda.
7. Uninstall Aplikasi Dapodikdas
PERINGATAN: Proses uninstall akan menghapus program pendataan dan databasenya. Pastikan Anda telah melakukan sinkronisasi data. Sebelum uninstall pastikan aplikasi pendataan sudah dihentikan. Untuk uninstall aplikasi pendataan, klik Start -> Control Panel -> Uninstall a Program, lalu pilih Dapodikdas, dan pilih [Uninstall] hingga muncul jendela seperti pada gambar.
Tekan Tombol [Yes] untuk meneruskan uninstall atau [No] untuk membatalkan uninstall.
Tunggu sampai proses deinstalasi selesai hingga muncul jendela sebagai berikut.
Proses uninstall selesai.
Sumber utama :
Manual Sistem dan Aplikasi Pendataan Data Pokok Pendidikan-Dikdas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 - http://118.98.166.59
No comments:
Post a Comment